salam Pictures, Images and Photos

April 20, 2009

" Saat Sendiri "


Jika ada waktu yang paling tepat untuk merasakan betapa pentingnya peran orang lain bagi diri kita, adalah pada saat kita sendiri. Cobalah eja saat-saat itu, lalu susunlah ia menjadi bangunan yang bernama kepentingan. Kita akan merasakan betapa kita punya begitu banyak kepentingan kepada orang lain, baik kita sadari secara langsung maupun tidak.
Dewan juri yang memanggil seorang juara, misalnya tentu hanya akan menyebut nama orang-orang yang bersangkutan. Padahal, di belakang sang juara itu pasti ada sejumlah tangan yang berperan penting dalam kehidupannya. Orang tua, teman, guru, pelatih, suporter.


Mereka ini tentu tahu diri untuk tidak mengklaim bahwa diri mereka punya andil bagi sang juara. Tetapi jika dipikir-pikir, peran mereka yang tidak kecil itu justru menjelaskan apa sesungguhnya peran yang dimainkan oleh sang juara. Cobalah dimulai dari orang tua, jika mereka tak merestui sang juara untuk bertanding, mungkin ceritanya akan lain. Begitu juga dengan teman, guru, pelatih, atau suporter. Bayangkanlah jika tak ada sosok-sosok mereka disamping sang calon juara yang sedang bertarung dalam pertandingan. Jadi, sesungguhnya ketika namanya dipanggil sebagai pemenang, sang juara hanyalah sedang memainkan sebuah peran menjadi duta bagi orang tua, teman, guru, pelatih atau suporter yang telah mengamnahkan sebuah kepercayaan kepada dirinya.
Pada saatnya sendiri kita baru merasakan terlalu lemahnya diri kita, jika harus bertarung seorang diri. Di sinilah kita baru merasakan betapa terlalu lemahnya diri kita sesungguhnya tidak menyediakan tempat bagi kesombongan, karena seluruh ruangannya telah diisi oleh jasa-jasa orang lain yang tak terhitung jumlahnya. Ketika kesombongan telah menguasai diri kita, tentu kita tahu bahwa inilah yang sedang terjadi; kita mengusir jasa-jasa orang lain dari ruang diri kita. Kita kosongkan ruang-ruang itu, lalu kita undang kesombongan untuk bersemayam di dalamnya


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih (Chrome One ~ Green) Pictures, Images and Photos
Makacih Pictures, Images and Photos
 

Uwet Cute Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template