salam Pictures, Images and Photos

April 04, 2009

Mencintai Seseorang..



Bagaimana hukum pacaran dalam Islam? Dosakah saya bila saat ini saya yang sudah berjilbab masih saja menimbulkan perasaan tertarik pada lawan jenis pada saya? Dan bagaimana saya harus menyikapi hal ini? Apa maksud mencintai seseorang karena Allah swt?



Jika dipandang dari sudut pergaulan Islam maka teman merupakan lingkungan terpenting setelah orang tua. Melalui pertemanan/persahabatan seseorang dapat mewarnai baik atau buruk. Islam memperhatikan mulai dari memilih teman, hak dan kewajiban berteman. Konsep ini disebut Ukhuwwah. Ini bukti bahwa agama kita sangat menjunjung tinggi pentingnya berteman dalam hidup ini.
Salah satu hak dan kewajiban berteman dalam Islam adalah tolong menolong dan saling mencintai. Tolong menolong dan saling mencintai menjadi salah satu ukuran tinggi rendahnya keimanan seseorang. Rasulullah bersabda: “ Tidaklah (sempurna) iman seseorang hingga dia bisa mencintai saudara muslimnya sebagaimana dia mencintai diri sendiri.”
Hadis diatas menyuruh kita untuk selalu mencintai dan menolong teman atau saudara kita. Namun islam membatasi tolong menolong dalam kemungkaran dan kemaksiatan (Qs.5:2). Jika hanya alasan Toleransi, kita membiarkan teman kita berbuat kemungkaran. Hal itu tidak sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah. Jika teman yang melakukan kemungkaran meminta bantuan atau pertolongan kepada kita, maka kita tidak berhak memberikan pertolongan dalam bentuk apapun. Kita bahkan wajib menolak kemungkaran tersebut. Dalam hadist sahihnya Nabi bersabda: “Siapa saja yang melihat kemungkaran maka dia wajib melarangnya denagn tangannya (kekuasaannya) jika tidak mampu dengan tangannya maka dengan lisannya dan jika tidak mampu dengan lisannya maka dengan sikap hatinya dan itu (yang ketiga) adalah iman yang paling lemah”.
Rasa simpati orang pada kita tidak dapat direkayasa atau dipaksakan, karena berhubungan dengan hati. Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu berprilaku sesuai denagn aturan syariah.
Dalam hal ini adalah menutup aurat dan tidak ketat dan tidak berwarna yang menggoda, tidak untuk sensasi dan bersikap santun (tidak genit) serta tidak mengumbar pandangan pada lawan jenis. Pandangan seorang wanita kepada laki-laki adalah sihir atau anak apanah yang beracun sehingga sangat berbahaya bagi yang terkena.
Jika kita telah memenuhi syarat diatas, artinya kita telah memenuhi kewajiban seorang muslimah terhadap laki-laki. Jika ada hal-hal yang muncul di luar kemampuan wanita maka resikonya dosanya adalah tanggungan kaum lelaki. Menjaga pandangan bagi laki-laki maupun perempuan kepada masing-masing lawannya adalah kunci utama untuk mengendalikan perasaan cinta yang liar.
Diantara tanda-tanda mencintai saudara muslim karena Allah adalah tidak ada motif mencintai karena sesuatu yang bersifat materi seperti harta, jabatan, kecantikan dan lain-lain, namun benar-benar murni karena hal-hal yang membawa ketaatan kepada Allah/
Wallahu a’lam.....

Sumber: Annida edisi perdana Oktober 2002.

3 komentar:

Xpresi Blogger on April 06, 2009 6:16 PM mengatakan...

Yuk..

Anonim mengatakan...

hati2 dik dgn cinta..

fathul jannah on April 14, 2009 10:51 AM mengatakan...

huh.. percuma ngomongin cinta.. so d luar bebas sana... banyak yg bercinta tidak sesuai aturan islam .. mm !!!!!!!!!!

Posting Komentar

Terimakasih (Chrome One ~ Green) Pictures, Images and Photos
Makacih Pictures, Images and Photos
 

Uwet Cute Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template